Minggu, 14 Juni 2015

Jembatan Pedestrian dan Menara Gentala Arasy di Jambi

Jembatan Gentala Arasy adalah salah satu ikon dari kota Jambi. Jembatan ini mulai dibangun pada tahun 2012 dan telah diresmikan oleh bapak Jusuf Kalla sebagai Wakil Presiden. Sebenarnya ada dua objek di lokasi ini, yaitu menara Gentala Arasy dan jembatan Pedestrian. Tapi kebanyakan orang-orang menyebutnya jembatan Gentala Arasy. Lokasi ini adalah salah satu objek wisata di kota Jambi dan tidak afdol jika tidak kesini saat anda sedang berada di Jambi 
Jembatan Pedestrian merupakan jembatan untuk pejalan kaki. Bentuknya yang menyerupai huruf "S" ini terbentang berkelok-kelok di atas sungai Batanghari yang kira-kira panjang jembatannya sekitar 530 meter. Jembatan ini dibuat bukan untuk kendaraan, tapi hanya khusus untuk pejalan kaki. Sangat cocok untuk yang mau jogging. 
Menara Gentala Arasy merupakan sebuah museum dimana secara umum merupakan museum yang menceritakan tentang sejarah masuk dan berkembangnya agama Islam di kota Jambi. Bentuk menara ini pun sangat unik dan sangat "islami'. Bahkan awalnya saya mengira kalau itu adalah bangunan masjid.




Selain itu juga, diujung jembatan Gentala Arasy ini merupakan pusat kuliner dan tempat nongkrong di sore hari sampai malam hari. Banyak pedagang kuliner yang bisa dinikmati. Selain itu kita juga bisa menikmati pemandangan jembatannya. Dan jangan lupa, take a picture! Foto dari berbagai angle dan ambil gaya andalanmu. Hehehe.. Saran bagi anda sebagai photographer, sebaiknya ambil magic hours saat pagi hari. Karena diwaktu pagi, suasana jembatannya masih sepi dan belum banyak orang yang berlalu lalang.
Untuk masuk ke jembatan Gentala Arasy ini anda tidak perlu membayar ongkos tiket karena memang tidak ada loket tiket. Kita dapat naik ke jembatan Pedestrian dengan gratis sambil menikmati pemandangan dari atas jembatan. Kita juga dapat melihat kondisi lalu lintas sungai Batanghari yang tidak pernah sepi dari lalu lalangnya perahu dan kapal kecil. 
Jika anda ingin menikmati jalan-jalan di sungai menggunakan perahu. Coba saja sewa perahu yang ada di sekitar jembatan. Banyak perahu yang berjejer disekitar jembatan Gentala Arasy, apalagi di sepanjang sungai Batanghari ini. Untuk melihat suasana lebih lengkap di sekitar jembatan Pedestrian dan menara Gentala Arasy, silahkan nonton video rekaman ADambition di channel Youtube.

3 komentar:

  1. Kampung saya itu Broo,,,siip dah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mantap kampungnya bro.. Dengar2 kampungnya punya biji kopi enak. :)

      Hapus