Rabu, 11 Januari 2017

Tutup Polis Asuransi AIA

Asuransi berkedok Citibank yang ternyata asuransi AIA.

Saya singkat saja kronologisnya, kejadian ini (auto debet) ternyata sudah berjalan selama 4 bulan sejak tulisan ini dibuat. Pada bulan Juli 2016, saya ditelpon oleh seorang marketing yang ngakunya dari pihak Citibank. Dipercakapan itu dia memberitahu kalau saya mendapat reward asuransi dari Citibank karena sudah menjadi nasabahnya. Saya memang nasabah Citibank dan memiliki rekening tabungan dan kartu kredit di sana.
Hasil dari pembicaraan di telpon, akhirnya saya menyetujui penawaran tersebut dan melakukan konfirmasi penyetujuan untuk mengambil produk asuransi Citibank. Bagaimana tidak? Kata marketingnya "TIDAK ADA TAMBAHAN TAGIHAN DI KARTU KREDIT UNTUK BULAN BERIKUTNYA DST". Dan pernyataan itu pun saya ulangi tanyakan beberapa kali dan jawabannya pun masih sama dengan statement sebelumnya. Jadi saya anggap tidak akan ada pembayaran premi atau biaya apapun karena ini adalah "hadiah" dari Citibank. Saya memang ada pembayaran cicilan tiap bulan dengan layanan EazyPay Citibank. Karena alasan ini juga, saya tidak menyadari kalau yang saya bayar bukan cuma cicilan, tapi ada premi asuransi juga.




Bulan September 2016 akhirnya polis saya terbit dan dikirim ke kantor. Yang bikin saya heran adalah kenapa ada polis asuransi dari AIA padahal saya merasa tidak pernah mengajukan asuransi ini. Sejak itu, setiap menjelang akhir bulan selalu ada SMS notifikasi dari AIA untuk melakukan pembayaran premi senilai Rp509.220. Tentunya saya tidak akan bayar karena memang saya merasa tidak pernah apply ke asuransi ini. Nah, disini kesalahan saya juga, karena tidak pernah memeriksa deskripsi semua tagihan dari Citibank. Tiap bulan ketika ada tagihan via SMS dari Citibank, langsung saja saya bayar. Dan baru bulan ini, tepatnya kemarin pagi (10 Januari 2017) saya tidak sengaja cek deskripsi tagihan yang ternyata ada auto debet setiap bulan untuk membayar premi. Ini sedikit screenshot nya :
Hari itu juga langsung saya telpon ke AIA untuk tutup polis. Pihak AIA awalnya mengatakan rugi kalau berhenti sekarang, bla..bla..bla.. Tapi karena tidak mau memperpanjang masalah, saya minta dipercepat saja prosesnya, dari pada kelamaan dengar rayuan gombal mereka lagi. Akhirnya pihak AIA bilang kalau polis sudah ditutup dan harus mengisi form "Permohonan Pembatalan Polis" lalu dikirim ke kantor AIA beserta buku polisnya.
Setelah itu saya contact Citibank untuk menanyakan tentang auto debet kartu kredit apakah bisa ditutup atau tidak. Dan seperti yang saya duga jawabannya "tidak bisa", karena ini tergantung dari pihak asuransinya. Info dari Citibank, seharusnya saya mendapatkan bukti pemberhentian via email ataupun SMS dari AIA. Sampai tulisan ini dibuat, bukti/notifikasi dari AIA masih belum ada. Sayapun sudah mengirim email ke AIA untuk meminta bukti pemberhentian tersebut. Kita lihat saja bagaimana perkembangannya nanti.

Update (12 January 2017) : Notifikasi SMS untuk penutupan polis sudah dikirim dari AIA. Status polis sudah tidak aktif dan untuk batal polis masih dalam proses verifikasi.
Memang rasanya sangat rugi karena dengan tidak sengaja saya membayar premi AIA selama 3 bulan. Bahkan waktu saya menutup polis, tagihan bulan ini pun harus dibayar saat pembayaran berikutnya dan total premi yang dibayar adalah 4 bulan alias 2 juta lebih. Bahkan tidak sepeser pun premi yang telah dibayar akan dikembalikan alias hangus semua. Mudah-mudahan dapat menjadi pelajaran untuk kamu jika mendapat tawaran asuransi. Semoga bermanfaat..

10 komentar:

  1. pak untuk pembatalannya apakah cukup kolom itu saja yg dicentang?

    BalasHapus
  2. Jika kartu atm kosong..terus kita tidak memberikan informasi ke aia bawa kita ingin keluar itu bagaimana ea apa itu bisa kena denda..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Segera dilaporkan saja supaya tidak ada masalah dikemudian hari kalau memang berniat untuk tutup polis :)

      Hapus
  3. Pak kalo sdh batal gitu...mereka sdh gg bisa debet kan yya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf baru sempat bales. :)
      Iya, kalau sudah mereka sudah konfirmasi pembatalan kita otomatis sudah tidak debet lagi

      Hapus
  4. Terimaksih pak infonya sangat membantu,saya juga skr mau batalin polis,soalnya sangat merugikan cuman nambahin tagihan doang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama2 pak. Semoga diberi jalan yang lebih baik ya :)

      Hapus
  5. Pak mau nanya,sya ikut asuransi AIA polis di bank BCA.sya ikut dari bulan 12-2016.sya mau berhenti, apakah sya akn kna penalty? dan apakah uang yg slama ini sya stor akn balik lagi atau hangus?mohon penjelasannya pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepengalaman saya sih tdk ada tambahan biaya penalty klo berhenti.
      Cuma uang yang disetor hangus.
      Saran saya hubungi ke AIA aja untuk info lebih detailnya.
      Thank u :)

      Hapus